Home » , , , » UNSIQ Wonosobo dan Dinas Sosial Tandatangani MOU Gerakan Ayo Kuliah Anak KPM PKH

UNSIQ Wonosobo dan Dinas Sosial Tandatangani MOU Gerakan Ayo Kuliah Anak KPM PKH

Dipublikasikan Oleh Sang Purnama pada Kamis, 13 Agustus 2020 | Kamis, Agustus 13, 2020

Penandatanganan MOU Gerakan Ayo Kuliah Anak KPM PKH di UNSIQ Wonosobo. 
WONOSOBO - Kamis, 13 Agustus 2020. Di tengah pandemi Covid-19, di ruang Rektorat Universitas Sain Ilmu al-Quran (UNSIQ) Wonosobo telah ditandatangani MOU antara Rektor UNSIQ Wonosobo dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo untuk pelaksanaan Gerakan Ayo Kuliah (GAK) bagi anak KPM PKH.

Proses penandatangan MOU GAK ini dihadiri dan disaksikan oleh beberapa unsur terkait, yakni para Pembantu Rektor UNSIQ, Ketua DPRD, Kemenag, Dinas Pendidikan, Koordinator Regional, Koordinator Wilayah Jawa Tengah 2, Koordinator Kabupaten dan beberapa perwakilan SDM PKH Kabupaten Wonosobo.
Koreg PKH Regional Jawa mewakili Kementerian Sosial
MOU Gerakan Ayo Kuliah anak KPM PKH di UNSIQ ini merupakan ide gagasan dan fasilitasi dari Koordinator Wilayah 2, yang merupakan tonggak sejarah bagi Dinas Sosial dan UNSIQ dalam mendukung program-program pemerintah pusat, khusunya pengentasan kemiskinan melalui Gerakan Ayo Kuliah anak KPM Program Keluarga Harapan.

Mengawali sambutannya, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo menyampaikan data penerima manfaat PKH dan penyebab tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Wonosobo.
Saat ini jumlah penerima manfaat PKH di kabupaten Wonosobo mencapai lebih dari 43 ribu keluarga penerima manfaat. Di sisi lain, prosentase angka kemiskinan Kabupaten Wonosobo pada saat ini menempati urutan ke-2 dari 35 kabupaten/kota yang ada di provinsi Jawa Tengah.
Melanjutkan sambutannya, Sekretaris Dinas Sosial menyatakan
Salah satu penyebab utama dari tingginya angka kemiskinan, di antaranya adalah rendahnya indeks pendidikan dan lama waktu belajar di sekolah. Rata-rata lama waktu belajar di sekolah anak usia belajar di Kabupaten Wonosobo hanya mencapai 7,1. Ini artinya bahwa tingkat pendidikan anak-anak usia belajar di Kabupaten Wonosobo rata-rata hanya sampai tingkat SMP.
Sambutan Rektor UNSIQ sebelum penandatanganan MOU 
Senada dengan sambutan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo, Rektor UNSIQ menyatakan bahwa penyebab utama tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Wonosobo karena rendahnya perhatian masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.
Menurut para ahli bahwa kemiskinan itu ada dua macam, yakni kemiskinan struktural dan kemiskinan kultural. Kemiskinan struktural dapat diselesaikan oleh Pemerintah dengan cara memberikan bantuan materiil. Sedangkan untuk kemiskian kultural hanya dapat diselesiakan dengan adanya perubahan perilaku masyarakat, terutama yang menganggap bahwa pendidikan itu tidak penting. Dan inilah tugas kita semua.. 
Melanjutkan sambutannya, Rektor menyatakan..
Kita harus memperhatikan kandungan ayat al-Quran Surat al-Ma'un, jangan sampai kita termasuk kelompok orang yang celaka, karena lalai dan tidak memperhatikan hak-hak anak yatim dan orang miskin di sekitar kita.
Sebagai perwakilan Kementerian Sosial, Koordinator PKH Regional Jawa dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada UNSIQ yang telah memberikan peluang bagi anak-anak KPM PKH untuk dapat melanjutkan kuliah.
Kami ucapkan banyak terima kasih kepada UNSIQ yang telah memberikan peluang bagi anak-anak KPM PKH untuk dapat melanjutkan kuliah di kampus tercinta ini. Perlu kami sampaikan, bahwa salah satu tujuan utama dari PKH adalah mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan dan kesehatan guna melahirkan generasi yang sehat dan cerdas. 
Selanjutnya Koreg menyatakan...
Kita berharap MOU ini menjadi bagian dari proses mengentaskan kemiskinan masyarakat yang ada di kabupaten Wonosobo. Kami berkomitmen akan mengawal anak-anak KPM PKH yang kuliah di kampus tercinta ini agar serius dalam mengikuti kuliah dan mempunyai prestasi akademik. Dan kami berharap agar MOU ini terus dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya.
Proses penandatangan MOU Gerkaan Ayo Kuliah Anak KPM PKH diakhir dengan foto bersama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

_________
Kontributor: M. Arif Rohman Muis.
Share this article :

WEBSITE RESMI PKH

https://pkh.kemsos.go.id

KONTAK PENGADUAN :
1500299

EMAIL PENGADUAN :
1. pengaduan@pkh.kemsos.go.id
2. contactcenter@pkh.kemsos.go.id

KALIMAT BIJAK HARI INI

KREDO PEMBERDAYAAN

Datangilah mereka...
Tinggallah bersama mereka...
Belajarlah dari mereka...
Cintailah mereka...
Mulailah dari apa yang mereka ketahui...
Bangunlah dari apa yang mereka miliki...

Setelah berhasil, biarkan mereka tampil di depan untuk mengatakan dan menceritakan keberhasilannya.

Wikipedia

Hasil penelusuran

SAHABAT PKH INDONESIA

Published by : Warung Baik
Copyright © 2013. PKH ON THE SPOT - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger