Home » , , » GERAKAN BELI PRODUK KPM DI WARUNG PKH

GERAKAN BELI PRODUK KPM DI WARUNG PKH

Dipublikasikan Oleh AMC pada Rabu, 05 Agustus 2020 | Rabu, Agustus 05, 2020

MALANG - 27 Juli 2020. Salah satu tujuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) adalah mengentaskan kemiskinan dan menciptakan kemandirian para penerima manfaat program.

Melalui kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), Pendamping Sosial PKH melaksanakan tugasnya untuk memberikan penguatan dan motivasi agar pola fikir keluarga penerima manfaat (KPM) PKH berubah menjadi lebih baik.

Pada kegiatan P2K2 terdapat modul Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha. Dengan materi ini, KPM diberikan penguatan dan motivasi untuk mewujudkan ekonomi keluarga yang lebih baik dengan memulai merencanakan usaha.

Sejak digulirkannya PKH oleh Kementerian Sosial pada tahun 2007, dalam perkembangannya sudah banyak KPM PKH yang berhasil memiliki usaha, baik perorangan maupun kelompok.

Perkembangan yang baik ini sangat mendukung upaya Kementerian Sosial dalam mendorong agar para KPM PKH secepatnya graduasi mandiri bila mana kondisi ekonominya sudah lebih baik dan tidak miskin lagi.

Pandemi Covid 19 ternyata banyak berdampak terhadap keberlangsungan usaha-usaha KPM, karena adanya banyak keterbatasan dan tidak memungkinkannya berjualan secara tatap muka.

Melihat kondisi tersebut, Koordinator PKH Regional Jawa menggulirkan ide "Gerakan Beli Produk KPM di Warung PKH", melalui WARUNG ONLINE PKH.

Adapun tujuan utama dari gerakan ini, menurut penuturan Koordinator PKH Regional Jawa, antara lain :
  1. Sebagai upaya untuk mendorong dan mempromosikan produk-produk KPM PKH agar dikenal secara luas oleh masyarakat
  2. Mempopulerkan jargon "Bangga dengan produk-produk sendiri"
  3. Mendorong kerjasama simbiose mutualisme antara SDM PKH dengan KPM PKH, di mana SDM PKH dapat berperan sebagai manager pemasaran produk-produk KPM PKH dampingannya  
  4. Mendorong terjadinya perputaran uang di kalangan sendiri, agar bantuan yang diberikan oleh Pemerintah tidak banyak lari keluar, supaya terjadi penguatan dan kemandirian ekonomi
  5. Untuk mempercepat pengentasan kemiskinan melalui graduasi mandiri sejahtera, yang merupakan amanat utama dari Kementerian Sosial.
Warung Online PKH
Sebagai upaya yang serius, Koordinator Regional mewujudkannya dengan menyediakan Warung PKH berbasis Online, yang dapat diakses melalui gadget dan personal komputer (PC).

Bagi SDM dan KPM PKH yang memiliki produk/jasa, disediakan fasilitas secara gratis untuk mempromosikan produk-produk yang akan diunggah ke Warung Online PKH, caranya cukup dengan mengirim deskripsi dan foto-foto produk melalui admin Warung Online PKH ke nomor 085732505055.

Sebagai dukungan terhadap himbauan Pemerintah dalam mewujudkan dan memasyarakatkan keuangan inklusif, Warung Online PKH juga menyediakan transaksi secara non tunai dengan fasilitas pengiriman barang menggunakan jasa pengiriman. 

Sejak digulirkannya gerakan tersebut, cukup banyak sambutan antusias dari banyak pihak. Hingga saat ini sudah ada puluhan produk-produk KPM dan SDM PKH yang terunggah di Warung Online PKH tersebut. Ternyata produk-produk SDM dan KPM PKH sangat bagus-bagus dan tidak kalah dengan produk-produk dari perusahaan yang memiliki brand tertentu.

Dengan tersedianya Warung Online PKH ini, diharapkan khususnya kepada pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan Program Keluarga Harapan dan masyarakat secara luas kiranya mendukung gerakan ini dan berbelanja produk-produk KPM PKH melalui Warung Online PKH, agar terjadi percepatan graduasi mandiri dan pengentasan kemiskinan.
Share this article :

WEBSITE RESMI PKH

https://pkh.kemsos.go.id

KONTAK PENGADUAN :
1500299

EMAIL PENGADUAN :
1. pengaduan@pkh.kemsos.go.id
2. contactcenter@pkh.kemsos.go.id

KALIMAT BIJAK HARI INI

KREDO PEMBERDAYAAN

Datangilah mereka...
Tinggallah bersama mereka...
Belajarlah dari mereka...
Cintailah mereka...
Mulailah dari apa yang mereka ketahui...
Bangunlah dari apa yang mereka miliki...

Setelah berhasil, biarkan mereka tampil di depan untuk mengatakan dan menceritakan keberhasilannya.

Wikipedia

Hasil penelusuran

SAHABAT PKH INDONESIA

Published by : Warung Baik
Copyright © 2013. PKH ON THE SPOT - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger