Home » , » Manajemen Pemasaran dan Konsepnya di Era Digital

Manajemen Pemasaran dan Konsepnya di Era Digital

Dipublikasikan Oleh AMC pada Sabtu, 01 Agustus 2020 | Sabtu, Agustus 01, 2020


Dalam setiap perusahaan, terdapat manajemen pemasaran yang membantu menganalisa dan mengatur proses pemasaran produk perusahaan. Divisi  pemasaran tidak bisa diabaikan karena berkontribusi dalam banyak hal untuk kelancaran proses pemasaran produk. 

Manajemen pemasaran adalah suatu proses penentuan tujuan pemasaran, analisa proses pemasaran, dan pemenuhan rencana tujuan pemasaran untuk perusahaan atau organisasi. Selain itu, manajemen pemasaran juga menganalisis dan mengukur tentang proses pemasaran suatu perusahaan atau organisasi.
Pendek kata, manajemen pemasaran adalah divisi yang mengatur setiap proses pemasaran produk hingga menganalisa setiap proses pemasaran.
Bisa dibilang, pemasaran sangat penting dalam perusahaan atau organisasi karena dengan adanya pemasaran, perusahaan bisa meraih target pasar yang dituju dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Konsep Manajemen Pemasaran di Era Digital

Dengan era digital seperti saat ini, manajemen pemasaran banyak melakukan perubahan yang mampu membuat perusahaan tetap bertahan di era digital. Tentunya setiap perubahan dilakukan dengan penyesuaian era digital yang diperlukan. Ada beberapa konsep yang bisa diterapkan untuk manajemen pemasaran di era digital. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Manajemen Produksi

Konsep manajemen produksi adalah konsep di mana perusahaan menekan biaya produksi sebesar mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Untuk melakukan konsep manajemen produksi, biasanya perusahaan akan menekan biaya produksi.
Caranya adalah dengan memproduksi sebanyak mungkin produk. Konsep seperti ini akan cocok diaplikasikan untuk usaha yang fast moving seperti pakaian rumahan atau bahkan bahan mentah yang sering digunakan orang.
2. Konsep Produk
Manajemen pemasaran yang menggunakan konsep produk berorientasi pada produk yang dibuat. Perusahaan fokus memberikan produk yang terbaik untuk pelanggan mereka. Tentunya pelanggan akan puas dengan produk yang bagus dan mereka menjadi loyal terhadap produk perusahaan.

Konsep ini akan cocok jika Anda menyasar pasar menengah ke atas. Karena pastinya jika fokus pada kualitas produk, maka produk yang dihasilkan akan memiliki harga yang juga mahal.

3. Konsep Penjualan
Dalam konsep penjualan, perusahaan percaya bahwa menarik pelanggan adalah dengan sistem penjualan yang menarik. Biasanya, perusahaan akan melakukan banyak cara yang berhubungan dengan proses penjualan agar pelanggan mau membeli produk mereka.

Cara ini memang bisa dilakukan dengan baik meskipun tidak selamanya akan berhasil. Salah satu contoh konsep penjualan pada produk adalah memberikan diskon pada pelanggan.

4. Konsep Pemasaran
Biasa juga disebut dengan Konsep Marketing, konsep ini berfokus pada apa yang diperlukan oleh target pasar. Cukup berbeda dengan konsep penjualan yang sebelumnya telah dijelaskan. Konsep pemasaran memang cenderung memiliki pelanggan yang loyal dan bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Hanya saja, Anda harus mengatur agar target pasar Anda kalangan menengah ke atas karena memiliki produk dan menggunakan konsep pemasaran untuk memasarkan produk berarti Anda bergantung hanya pada kebutuhan konsumen Anda.

5. Konsep Sosial
Konsep sosial atau konsep pemasaran sosial adalah konsep pemasaran yang berfokus pada dampak sosial yang terjadi. Dengan menggunakan konsep ini, perusahaan percaya bahwa pelanggan akan puas dengan produk yang memiliki dampak sosial yang positif untuk sekitar.

Konsep sosial yang dimaksud bisa saja dampak sosial pada lingkungan atau misalnya pada pekerja yang terkena dampak COVID-19 selama masa pandemi.

Era digital banyak mengubah konsep manajemen pemasaran. Namun, konsep manajemen pemasaran apapun yang digunakan, akan lebih mudah jika Anda paham produk dan target pasar Anda. Pasalnya, jika produk Anda dipasarkan dengan cara yang tepat, maka bisnis Anda akan lebih mudah lancar.

Setelah mengetahui bagaimana manajemen pemasaran perusahaan, kesalahan fatal yang terjadi dalam berwirausaha adalah tidak adanya pengelolaan keuangan yang rapi. Pengelolaan keuangan sangat penting untuk bidang usaha manapun.
Oleh karena itu, Anda perlu memudahkan hal keuangan dengan menggunakan software akuntansi online Jurnal.
Ini akan membuat Anda tidak perlu kesulitan mengelola akuntansi usaha, tetapi pada keseluruhan usaha Anda. Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi Jurnal.

Software Jurnal by Mekari merupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan bantuan pengelolaan laporan keuangan dengan lebih mudah dan praktis. Jurnal juga menyediakan berbagai fitur pendukung bisnis yang mampu mendorong perkembangan usaha Anda.


Sumber : Jurnal Enterpreneur [jurnal.id]
Share this article :

WEBSITE RESMI PKH

https://pkh.kemsos.go.id

KONTAK PENGADUAN :
1500299

EMAIL PENGADUAN :
1. pengaduan@pkh.kemsos.go.id
2. contactcenter@pkh.kemsos.go.id

KALIMAT BIJAK HARI INI

KREDO PEMBERDAYAAN

Datangilah mereka...
Tinggallah bersama mereka...
Belajarlah dari mereka...
Cintailah mereka...
Mulailah dari apa yang mereka ketahui...
Bangunlah dari apa yang mereka miliki...

Setelah berhasil, biarkan mereka tampil di depan untuk mengatakan dan menceritakan keberhasilannya.

Wikipedia

Hasil penelusuran

SAHABAT PKH INDONESIA

Published by : Warung Baik
Copyright © 2013. PKH ON THE SPOT - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger